13 Alasan Saya Meninggalkan Blog Anda!

Saya mulai penasaran mengapa orang-orang akan menutup sebuah halaman website tanpa melihat isi dari halaman tersebut. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal ini? Apakah halaman website anda betul-betul mengerikan?
alasan pengunjung meninggalkan blog anda
Sebelum membuat blog ini, kerjaan saya adalah membaca-baca website dan blog. Saya sangat suka mengunjungi situs-situs web dan blog yang artikelnya paten dan akan kuingat urlnya sepanjang masa. Dan tentu saja saya menemukan beberapa situs yang membuat saya ngeri untuk mengunjunginya. Berikut ini beberapa alasan saya meninggalkan situs mereka:

1. Menu Pop-up

Ya, menu pop-up adalah hal yang paling kubenci ketika membuka sebuah blog. Laptop saya yang sudah sangat tua ini menjadi lambat karena menu pop-up tersebut.

2. Loading Lambat (LOLA)

Nah, inilah yang paling dibenci oleh semua orang. Dan lagipula koneksi internet saya termasuk sangat lambat, saya tidak mau menunggu sampai setengah jam hanya untuk melihat halaman utama dari sebuah website.

3. Lagu/Mp3 yang diputar otomatis

Saya tidak suka keributan ketika sedang membaca sesuatu di situs web. Dan saya juga tidak ingin koneksi internet saya habis untuk memutar lagu tersebut. Kamu boleh saja memasang lagu diblog asalkan lagunya tidak diputar secara otomatis. Beberapa pengunjung tidak suka mendengar lagu yang tidak disukai mereka.

alasan saya meninggalkan blog anda 4. Video yang diputar otomatis

Hampir sama dengan lagu/Mp3. Saya tidak suka keributan ketika membaca. Ketika kutemukan sebuah video yang tiba-tiba berputar, saya akan menekan tombol [X]


5. Terlalu banyak animasi

Saya tidak suka blog yang terlalu banyak animasi. Ketika saya melihat blog anda seperti sebuah diskotik, saya akan meninggalkan blog anda. Saya tidak suka blog yang memiliki animasi seperti bintang yang berkedip-kedip, glitter, petir, animasi dari kartun kesukaanmu bergerak, dll karena semua itu membuat blogmu serasa tampak kekanakan. Cobalah mendesain blog anda sesimpel mungkin.

6. Iklan di atas konten

Menambahkan iklan tepat di atas konten adalah sebuah kesalahan besar oleh seorang blogger. Ingat! Blog adalah tempat kita mengekspresikan diri kita, bukan tempat menaruh iklan. Dan tambahan dari saya, iklan juga memperlambatkan proses loading. Situs web yang iklannya lebih dari isi kontennya akan segera saya tutup.

7. Desain yang buruk

Penampilan adalah hal yang pertama kali diperhatikan orang. Bila blog anda memiliki desain/template yang buruk, pengunjung tidak akan ragu menutup situs anda.

8. Blog yang telah mati

Kalau blogmu tidak pernah diupdate sama sekali, blogmu akan sama saja dengan "sudah mati". Bila saya melihat tanggal pembuatan sebuah pos di dalam blog adalah 2004, saya akan meninggalkan blog itu segera. Itu karena pengunjung lebih menyukai artikel yang "baru" daripada yang lama.

9. Register terlebih dahulu

Pernahkah kamu mengunjungi situs web yang harus register terlebih dahulu agar dapat melihat isinya? Saya pernah, dan saya akan menutup situs webnya segera.

10. Pemilihan warna yang tidak cocok

Warna sangat penting untuk membaca. Warna yang terang adalah sebuah pilihan yang bagus untuk latar belakang blog. Jangan menggunakan latar belakang yang gelap sebagai latar belakang dari sebuah blog pos, itu akan membuat saya menangis ketika membaca blog anda.

11. Ejaan/Penataan kalimat yang kurang tepat

Bila blogmu memiliki artikel mengenai tutorial, penataan kalimat di blogmu harus sempurna agar pembaca lebih mudah memahaminya. Kamu tidak usah mengkhawatirkan ejaan bila kamu sering mengeceknya.

12. Navigasi halaman yang kurang sesuai

Navigasi halaman adalah sesuatu yang harus diatur agar pengunjung tetap berada di halaman blog anda. Contohnya: menambahkan widget pos terpopuler ataupun arsip blog, daftar halaman, dll. Pokoknya jangan sampai pengunjung kita kebingungan dengan blog kita.

13. Membosankan

Kalau kamu punya blog, buatlah blogmu lebih menarik. Beberapa blog sangat membosankan, tidak ada aktivitas di dalamnya. Penulisnya juga kebosanan, mereka hanya menulis apa yang ingin mereka tulis dan itu saja, tidak ada halaman "mengenai saya", tidak ada pos terpopuler, tidak ada komentar, dll. Tidak ada orang yang akan menyukai blog-blog membosankan seperti itu. Daripada ngeblog, lebih baik menonton TV saja.


Ini saja deh, daftar alasan yang saya sampaikan. Apakah kamu juga punya alasan yang lain?

26 komentar:

  1. Betul bang ditambah kotak komentar yang harus pakai approve admin atapun code capcha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang ini saya tidak setuju dengan pendapat agan. Mohon maaf sebelumnya. Sebelumnya blog saya tanpa approve admin tetapi karena ada pengalaman yang tidak menyenangkan dengan hal tersebut saya terpaksa melakukannya. Dulu pernah ada yang koment di blog saya yang menurut saya adalah penipuan karena isi komentarnya mengajak pembaca supaya ikut pada seorang calo CPNS dan dijanjikan pasti diterima. Dan yang paling menjengkelkan adalah komentarnya lebih dari 10. Setiap postingan saya yang menginformasikan pendaftaran cpns di blog saya di komen semua, yang isinya seperti tersebut di atas. Jadi ribet saya menghapus semua koment tersebut dan jadinya Kacau kan?

      Jadi menurutku approve admin itu juga penting dalam situasi genting. hehehhe.... :D trimakasih sebelumnya

      Hapus
  2. Kalo blog saya gimana sob???

    BalasHapus
  3. kalau blog saya tidakkan sob :) hehe

    BalasHapus
  4. Blognya simple dan ringan, saya suka, follow back ya teman :)

    BalasHapus
  5. kunjungan perdana sob :) sambil baca2
    visit n koment back y dblogq :)
    skalian follow blogq ya ntar ak folback

    BalasHapus
  6. Kode Capcha itu lho kadang yang bikin orang males banyak Comment gan dan bikin pengunjung g betah lama2 gan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja pakai kode capcha, agar blog anda tidak dispam. Lagipula blog itu untuk dibaca. Bukan untuk dikomentari :)

      Hapus
  7. Terlalu banyak widgt trus loading blog berat salah satu faktor pengunjung lari dari blog kita ya...Folowback ya boss. Makasih

    BalasHapus
  8. Apakah blog saya termasuk yang harus ditinggalkan sob?

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. nah..!! yang bagian serba otomatis itu yang bikin muak... ngabisin bandwith saja...

    BalasHapus
  11. poin 1 and 2 itu pak yang begitu menyebalkan

    BalasHapus
  12. Tersinggung dipoint kelima, bgm dong tuk anaa yg suka animadi. Hiks :(

    BalasHapus
  13. Dicek dong blog sy, ksh masukan, saran dan kritikanx! Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampilan diatas blog coba disimpelkan dikit, soalnya waktu saya memasuki blog anda saya jadi kebingungan. Juga, kurangi penggunaan scroll bar di blog anda. Maksud saya scroll bar yang ada di widget "statistik" dan widget "tukaran link".

      Widget info adminnya tak usah ditambahkan karena rata2 pengunjung blog/blogger menggunakan browser yang uptodate.

      Hapus
  14. wah memang bener baget nie kalau terlalu banyak aturan move on aj gitu aja kok repot

    BalasHapus
  15. da follow # 25 follow back ya,..

    http://warisan-resep.blogspot.com/2013/01/kuah-sie-kameng.html

    BalasHapus
  16. Ya, saya juga sangat setuju dengan yang mas tulis di atas...................
    Yang paling saya benci saat ada blog yang satu halaman hanya dipenuhi iklan-iklan yang gak masuk akal

    BalasHapus
  17. wah tips penting nih buat pendatang baru seperti saya :D

    BalasHapus
  18. yang paling saya benci adalah yang nomer 4 dan 6 gan. benar-beanr menganggu

    BalasHapus
  19. Wah, artikel ini bener-bener bisa jadi sebuah sentilan yang sakit buat sobat-sobat yang punya web/blog "rempong"...wkwkwkwkw

    Jangan Lupa Mampir Balik Ya Sob

    BalasHapus
  20. Butuh Penilaianmu untuk blog saya gan.... silahkan kunjbalnya... makasih.

    BalasHapus
  21. trima kasih infonya..bagus ..gan..

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. manfaat banget nih gan terimakasih ya 
    Poker Online Terpercaya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers